Final Fantasy 7 Cloud Strife
Final Fantasy 7 Cloud Strife
Final Fantasy 7 Cloud Strife

Rabu, 08 November 2017

Cara Membuat Miniatur   Rumah Dari Kardus

Kardus adalah barang untuk pembungkus produk-produk yang kita beli dari pasar atau dari toko, pembelian barang dalam jumlah besar pasti menggunakan kardus sebagai pembungkusnya. 
Barang bekas atau kardus ini dapat kita manfaatkan mejadi sebuah karya yang luar biasa seperti miniatur rumah dan kerajinan tangan lainnya. 
Dari pada kardus di jual perkilo ke tukang kara-kara (pembeli barang bekas) yang harganya tidak sebebrapa, mendingan kita olah menjadi kerajinan tangan. Berikut ini kami akan berbagi tutorial cara memanfaatkan kardus untuk membuat rumah miniatur yang cantik dan menawan seperti gambar di atas. 
Ternyata kerajinan tangan ini juga banyak di minati oleh banyak orang, selain menjadi sebuah karya yang indah, hasil olahan kardus ini dapat menjadi penghasilan tambahan bagi pengerajinnya. Lihat contoh di bawah ini

an image

Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Kardus dengan sketsa, tutorial miniatur, bahan miniatur

Gambar di atas adalah Cotoh olahan miniatur yang terbuat dari kardus. Banyak sekali bahan-bahan bekas yang bisa kita manfaatkan untuk membuat miniatur, sedangkan menggunakan bahan dari kardus merupakan bahan dasar saja. 

Kita dapat menggunakan bahan-bahan seperti botol bekas, kaleng bekas, buku, koran dan lain-lain sebagagai pelengkapnya. Cara Membuat Miniatur Rumah Dari Kardus

Bahan dan Alat yang Diperlukan Untuk Membuat Miniatur Rumah

Kardus atau karton Kertas HVS Carter Penggaris dan Pensil Lem dan double tip Langkah-langakah Pembuatan Miniatur Rumah 

1. Membuat Sketsa - step 1 membuat miniatur rumah

Langkah pertama adalah dengan menggambar sketsa rumah yang ingin kita buat. Dengan adanya sketsa maka kita akan lebih mudah ke tahapan selanjutnya. 

Sketsa akan menunjukan model dan ukuran yang kita inginkan, buatlah sketsa seperti gambar di bawah ini. Pembuatan sketsa sebaiknya menampilkan banyak sisi, seperti sisi depan, sisi belakang, tampak di dalam, tampak luar, atas dan bawah. 

Pembuatan sketsa menggunakan pinsil agar jika terjadi kesalahan dapat di perbaiki dengan menghapus bagian yang salah. 

Bersabarlah dalam proses pertama ini, pembuatan sketsa pada miniatur rumah sangat penting dan harus maksimal, karena kamu pasti jenuh pada proses ini jika belum terbiasa atau berlum pernah membuatnya. 

Sketsa yang baik dapat di buat menggunakan kertas yang sudah memiliki grid, atau kertas petak. 

Pembuatan sketsa sebaiknya langsung dengan ukuran yang kita inginkan, gunakan sekala perbandingan jika ukuran miniatur rumah yang akan di buat memiliki ukuran yang lebih besar. 

2. Membuat Pola - step 2 membuat miniatur rumah

Gambar kardus menggunakan pinsil sesuai pola yang kamu inginkan, pola dapat kita gambarkan langsung pada kardus dengan mengacu pada sketsa (step pertama membuat miniatur rumah)
an image

3. Memotong Pola - step 3 membuat miniatur rumah

Setelah selesai menggambar kardus sesuai pola, langsung kita potong-potong kardus tersebut perbagian yang ingin kita pakai untuk bahan miniatur rumah. 

Proses pemotongan harus menggunakan penggaris dan cutter yang tajam, untuk memotong kardus harap gunakan alas yang kuat seperti keramik, kaca, atau triplek yang bekas, ingat... jangan di alas pada karpet ya.. nanti bisa robek karpetnya. 

4. Merakit Pola - step 4 membuat miniatur rumah

Setelah proses pemotongan selesai, pastikan hasil potongan terlihat rapi dan bagus agar miniatur rumah yang kita buat terlihat bagus. 

Jika ada potongan yang kurang rapi, kamu bisa merapikan menggunakan gunting, dan jika masih ada coretan pinsil pada pinggir potongan kardus di abaykan saja. Jika coretan garis pinsil di hapus nanti kawatir pinggiran kardus akan rusak dan tidak kokoh lagi. 

Setelah itu mulailah merakit miniatur rumah sesuai pola yang kita tentukan di awal dengan cara mengelem. seperti gambar berikut.
an image

5. Hias Miniatur Rumah - step 5 membuat miniatur rumah

Setelah bagian dinding rumah miniatur sudah terpasang, tahapan selanjutnya adalah memberi gambar atau menghias pada dinding seperti rumah sungguhan. 

Gunakan kertas HVS yang sudah di print dengan gambar-gambar yang sesuai, seperti jendela, dinding, dan lain-lain. 

Lakukan tahapan ini dengan cara mengelem atau dapat menggunakan doble tip untuk melengketkan. Untuk bagian dinding cukup memberi warna putih atau polos tanpa ada gambar motif seperti pintu atau jendela. 

6. Membuat Atap - step 6 membuat miniatur rumah

Setelah bagian dinding dan hiasan pintu jendela selesai, selanjutnya membuat atap. Caranya potong kardus sesuai ukuran atap kemudian di pasangkan dengan cara di lem. 

7. Hias Atap - step 7 membuat miniatur rumah

Beri hiasan pada atap dengan warna dan bentuk sesuai atap rumah sungguhan, kamu bisa memilih sendiri warna yang kamu sukai.
an image

6. Membuat Atap - step 6 membuat miniatur rumah

Setelah bagian dinding dan hiasan pintu jendela selesai, selanjutnya membuat atap. Caranya potong kardus sesuai ukuran atap kemudian di pasangkan dengan cara di lem. 

7. Hias Atap - step 7 membuat miniatur rumah

Beri hiasan pada atap dengan warna dan bentuk sesuai atap rumah sungguhan, kamu bisa memilih sendiri warna yang kamu sukai.

8. Membuat Lantai - step 8 membuat miniatur rumah

Setelah bagian atap selesai, sekarang saatnya membuat bagian lantai rumah. Potong karton sesuai ukuran rumah beserta halaman depannya. 

9. Hias Halaman - step 9 membuat miniatur rumah

Hias bagian halaman depan dengan cara memberi warna dan corak layaknya halaman rumah sungguhan.

10. Hiasan Lainnya - step 10 membuat miniatur rumah

Jangan lupa untuk memberi tambahan pada bagian atas pintu rumah agar terlihat mewah begitu juga dengan bagian atas jendela kamu juga harus memberi atap pada bagian atasnya. 

11. Membuat Pagar - step 11 membuat miniatur rumah

Membuat pagar sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. buatlah pagar yang sesuaid engan bentuk rumah dari segi warna dan ukuran. 

Jika perlu gunakan kardus berlapis pada pagar dan pada dasar rumah, karena hal ini akan membuat kokohnya miniatur yang akan kita buat.

12. Amati Hasil - step 12 membuat miniatur rumah

Dengan mengamati hasil akhir dari berbagai sudut miniatur rumah, kita akan mendapatkan kekurangan-kekurangan yang perlu di perbaiki. 

Jika kekurangan tersebut di temukan, segera perbaiki dengan menambahkan pernak-pernik yang kira-kira dibutuhkan. 

Miniatur ini masih tergolong sangat sederhana, kamu bisa mengembangkan lagi menjadi miniatur yang lebih besar dan terliat mewah.
an image
Baik, demikian tutorial ini kami bagikan, dan bagi kamu yang sudah membuat miniatur rumah ini agar dapat berbagi pengalaman di kolom komentar, supaya kita bisa berbagi cerita bersama pada halaman ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar